Kamis, 01 Januari 2009

Mahasiswa Saat Tragedi 1998


Saat pertengahan Mei 1998, terjadi rentetan peristiwa berdarah, berawal dari Tragedi Trisakti dengan tertembaknya empat mahasiswa oleh aparat, disusul tragedi Semanggi I, II, dan rentetan kerusuhan massal dengan korban etnis Tionghoa.
Akibat rentetan kejadian itulah, akhirnya pada 21 Mei 1998, Soeharto melepas jabatan sebagai presiden yang langsung disambut gembira oleh pejuang rakyat, seolah merdeka dari penjajahan.
Mahasiswa tahu, ia harus berbuat sesuatu untuk masyarakat, bangsa dan negaranya.

Mahasiswa merupakan suatu bagian dari masyarakat yang sangat unik. Jumlahnya tidak terlalu banyak, namun sejarah mahasiswa menunjukkan bahwa dinamika bangsa ini tidak lepas dari peran mahasiswa. Walaupun jaman terus bergerak dan berubah–ubah, namun tetap tidak akan berubah dari mahasiswa, yaitu semangat dan idealisme.


Semangat-semangat yang berkobar tertanam dalam diri mahasiswa, semangat yang dapat mendasari untuk melakukan perubahan-perubahan atas keadaan yang dianggapnya tidak adil. Cita-cita besar nan mulia akan bangsanya. Intuisi dan hati kecilnya akan selalu menyerukan idealisme.


Sejarah mencatat, perjuangan mahasiswa dalam memerangi ketidakadilan. Sejarah juga mencatat bahwa perjuangan bangsa Indonesia tidak bisa lepas dari mahasiswa dan dari pergerakan mahasiswa akan muncul tokoh dan pemimpin bangsa.


Dan hari-hari ini peran dan fungsi serta posisi mahasiswa masih sama. Meski posisinya mungkin berbeda, tentunya mengikuti perkembangan zaman. Jika dulu sejarah banyak berawal dari pergerakan skala besar dengan model aksi / demonstrasi, hari ini sejarah itu bisa lebih banyak berasal. Ya, terbukti keprofesian Indonesia tak kalah dengan negara asing dan mungkin dengan cara inilah sebuah bentuk baru (bukan menghilangkan model sebelumnya) akan lahir sebagai sebuah model gerakan mahasiswa…


SELAMAT BERJUANG SAUDARA - SAUDARAKU WAHAI PARA MAHASISWA...

KOBARKAN TERUS SEMANGAT PERJUANGAN MAHASISWA...



HIDUP MAHASISWA......

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Menurut Saya, hampir semua kejadian dan peristiwa yang terjadi di negeri ini sebagian besarnya mendapatkan kontribusi yang besar dari mahasiswa. Mereka selalu berusahaa mengaplikasikan ideologi mereka yang terus berkembang agar menjadi sesuatu yang inovatif, yang dapat mengubah Indonesia menjadi negeri yang lebih baik. Berbagai cara yang variatif pun ditempuh demi terwujudnya kesejahteraan negara, yang selalu disertai dengan semangat yang tak pernah padam.

Anonim mengatakan...

Mahasiswa memang figur yang paling menarik untuk ditelaah tindak-tanduknya. Mereka sering berbuat hal-hal yang ekstrim namun pada akhrinya justru merupakan suatu jasa untuk menyuarakan aspirasi. Melalui semangat mahasiswa, kita dapat meneladani semangat juang dan membantu mewujudkan perubahan agar negeri ini menjadi lebih baik.

roby sharleen prissma mengatakan...

Yak betul!!!saya sebagai mahasiswa yang memiliki idealisme tinggi akan terus berjuang untuk kemajuan bangsa Indonesia!!!HIDUP MAHASISWA!!!

Posting Komentar